5P Dan 7P Dalam Bauran Pemasaran
A. Pengertian
5P (Konvensional)
5P
adalah taktik marketing yang dapat Anda gunakan dalam kombinasi yang berbeda –
beda untuk memenangkan hati klien dalam target market Anda. 5P ini dapat Anda kontrol
bergantung pada kondisi internal dan eksternal Anda. Kombinasi taktik marketing
yang berbeda – beda untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan klien Anda disebut
sebagai penggunaan ‘tactical marketing mix’.
1.
Product
(Produk)
Product disini mengacu pada apa yang Anda jual,
termasuk fitur dan keuntungan yang akan didapatkan oleh klien Anda dengan
membeli produk atau servis Anda. Saat memasarkan product Anda, pikirkan fitur
kunci dan kelebihan yang diinginkan atau dibutuhkan oleh klien Anda. Anda dapat
menggunakan research and development untuk menginfokan perkembangan baru dari
produk.
2.
Price (Harga)
Price berhubungan dengan strategi harga produk
dan servis dan bagaimana itu akan mempengaruhi klien Anda. Anda harus
mengidentifikasikan seberapa besar klien Anda akan membayar produk Anda, margin
profit dan metode pembayaran, juga biaya lainnya. Untuk menarik pelanggan dan
memenangkan kompetisi, Anda sepertinya juga harus mempertimbangkan kemungkinan
memberikan diskon.
3.
Promotion (Promosi)
Aktivitas promosi yang patut Anda gunakan untuk menarik klien
Anda seperti iklan, taktik penjualan, promosi, dan penjualan langsung. Secara
umum kegiatan tersebut disebut sebagai taktik marketing.
4.
Place (Tempat)
Place adalah dimana produk atau servis Anda akan dilihat,
dibuat, dijual, atau didistribusikan. Akses klien menuju ke produk atau servis
Anda adalah kunci utama dan sangat penting untuk memastikan klien dapat
menemukan Anda dengan mudah.
Jika Anda baru memulai bisnis baru, menemukan lokasi bisnis
yang tepat adalah kunci utama taktik marketing Anda.
5.
People (Orang)
People mengacu pada staf dan salesman yang bekerja untuk
bisnis Anda, termasuk diri Anda sendiri. Saat Anda menyediakan customer
service yang unggul, Anda telah membangun pengalaman positif untuk klien Anda,
dan secara tidak langsung Anda juga telah menjual brand Anda pada klien.
Sebagai balasan, klien yang ada akan menyebarluaskan servis unggul Anda dan
menjalankan program referral Anda.
Pasarkan bisnis
Anda secara kompetitif dengan merekrut orang yang tepat, pelatihan
staf Anda untuk mengembangkan keterampilan mereka, dan
mempertahankan staf yang baik.
B. Pengertian
7P (commercial)
Dalam komunikasi pemasaran ada beberapa elemen yang dipadukan
yang terwujud dalam bauran komunikasi pemasaran terpadu, yaitu bauran pemasaran
(marketing mix), lalu bauran promosi (promotion mix) yang sebenarnya adalah
bagian dari marketing mix, namun kini lebih spesifik. Dalam marketing mix perusahaan jasa khususnya, ada
unsur-unsur atau elemen yang menjadi dasar pertimbangan pengambilan keputusan
dalam pembuatan strategi komunikasi pemasaran, yaitu 4P ditambah 3P : product,
price, place, promotion, people, process, dan physical evidence.
1.
Product
(The Services)
Produk jasa merupakan produk yang dapat memberikan manfaat, memenuhi
kebutuhan konsumen, dan dapat memuaskan konsumen. Sesungguhnya pelanggan tidak
membeli barang atau jasa, tetapi membeli manfaat dari sesuatu yang ditawarkan.
Pengertian yang ditawarkan menunjukkan sejumlah manfaat yang didapat oleh
konsumen, baik barang atau jasa maupun kombinasinya.
2.
Price
Penetapan
harga merupakan suatu hal penting. Perusahaan akan melakukan hal ini dengan
penuh pertimbangan karena penetapan harga akan dapat mempengaruhi pendapatan
total dan biaya. Harga merupakan faktor utama penentu posisi dan harus
diputuskan sesuai dengan pasar sasaran, bauran ragam produk, dan pelayanan,
serta persaingan.
3.
Place
Tempat
atau lokasi yang strategis akan menjadi salah satu keuntungan bagi perusahaan
karena mudah terjangkau oleh konsumen, namun sekaligus juga menjadikan biaya
rental atau investasi tempat menjadi semakin mahal. Tingginya biaya lokasi
tersebut dapat terkompensasi dengan reducing biaya marketing, sebaliknya lokasi
yang kurang strategis akan membutuhkan biaya marketing lebih mahal untuk
menarik konsumen agar berkunjung. Dekorasi dan desain sering menjadi daya tarik
tersendiri bagi para target konsumen. Kondisi bangunan juga menjadi persyaratan
yang memberikan kenyamanan. Lokasi pemasaran juga menjadi bagian dari unsur
place yang penting. Survey dan data-data yang efektif mengenai area pemasaran
juga akan menjadi sangat penting sebelum menentukan tempat atau lokasi
pemasaran.
4.
Promotion
Promosi
merupakan suatu aktivitas dan materi yang dalam aplikasinya menggunakan teknik,
dibawah pengendalian penjual/produsen, yang dapat mengkomunikasikan informasi
persuasif yang menarik tentang produk yang ditawarkan oleh penjual/produsen,
baik secara langsung maupun melalui pihak yang dapat mempengaruhi pembelian.
Tujuan kegiatan promosi antara lain :
·
Mengidentifikasi dan menarik konsumen
baru
·
Mengkomunikasikan produk baru
·
Meningkatkan jumlah konsumen untuk
produk yang telah dikenal secara luas
·
Menginformasikan kepada konsumen
tentang peningkatan kualitas produk
·
Mengajak konsumen untuk mendatangi
tempat penjualan produk
·
Memotivasi konsumen agar memilih atau
membeli suatu produk.
5.
People
People
merupakan aset utama dalam industri jasa, terlebih lagi people yang merupakan
karyawan dengan performance tinggi. Kebutuhan konsumen terhadap karyawan
berkinerja tinggi akan menyebabkan konsumen puas dan loyal. Kemampuan knowledge
(pengetahuan) yang baik, akan menjadi kompetensi dasar dalam internal perusahaan
dan pencitraan yang baik di luar. Faktor penting lainnnya dalam people adalah
attitude dan motivation dari karyawan dalam industri jasa. Moment of truth akan
terjadi pada saat terjadi kontak antara karyawan dan konsumen. Attitude sangat
penting, dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk, seperti penampilan
karyawan, suara dalam bicara, body language, ekspresi wajah, dan tutur kata.
Sedangkan motivasi karyawan diperlukan untuk mewujudkan penyampaian pesan dan
jasa yang ditawarkan pada level yang diekspetasikan.
6.
Process
Process,
mutu layanan jasa sangat bergantung pada proses penyampaian jasa kepada
konsumen. Mengingat bahwa penggerak perusahaan jasa adalah karyawan itu
sendiri, maka untuk menjamin mutu layanan (quality assurance), seluruh operasional
perusahaan harus dijalankan sesuai dengan sistem dan prosedur yang
terstandarisasi oleh karyawan yang berkompetensi, berkomitmen, dan loyal
terhadap perusahaan tempatnya bekerja.
7.
Physical
Evidence
Building
merupakan bagian dari bukti fisik, karakteristik yang menjadi persyaratan yang
bernilai tambah bagi konsumen dalai perusahaan jasa yang memiliki karakter .
Perhatian terhadap interior, perlengkapan bangunan, termasuk lightning system,
dan tata ruang yang lapang menjadi perhatian penting dan dapat mempengaruhi
mood pengunjung. Bangunan harus dapat menciptakan suasana dengan memperhatikan
ambience sehingga memberikan pengalaman kepada pengunjung dan dapat membrikan
nilai tambah bagi pengunjung, khususnya menjadi syarat utama perusahaan jasa
dengan kelas market khusus.
C. Perbedaan 5P dan 7P
- Dalam bauran pemasaran 5P merupakan pelengkap dari 4P yaitu product, price, promotion dan place, kemudian ditambahkan people (orang) sebagai suatu alat yang mendorong dalam hal pemasaran bidang jasa. People (orang) dalam 5P merupakan faktor penting dalam memasarkan produk kepada konsumen yaitu sebagai alat memperkenalkan brand/produk yang kita jual kepada konsumen.
- Dalam bauran pemasaran 7P merupakan pelengkap dari 5P, yang di tambakan item berupa procces dan physical evidence, keduanya saling berkaitan. Procces adalah penilaian tentang mutu layanan jasa kepada konsumen, mengenai baik buruknya layanan yang diberikan perusahaan kepada konsumen, namun hal ini tidak terlepas pula dari Physical evidence yaitu tempat yang juga dijadikan sebagai penilaian konsumen terhadap jasa yang telah diberikan seperti, perlengkapan interior yang mendukung mood dari konsumen agar selalu teringat akan jasa yang telah diberikan perusahaan , sehingga konsumen tidak mudah berpindah ke lainnya.
Referensi :
1. http://masyitamaulidiaa.blogspot.com/2017/11/5p-dan-7p-dalam-bauran
pemasaran.html ( di akses kamis, 08 November 2018 pukul 21.00 WIB ).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar