Jumat, 05 Oktober 2018

RUANG LINGKUP MAHASISWA


PENGERTIAN, CIRI – CIRI, CONTOH DAN KELEBIHAN SERTA KEKURANGAN PASAR MONOPSONI, PASAR OLIGOPSONI, PASAR MONOPOLI DAN PASAR OLIGOPOLI







PENGERTIAN PASAR MONOPSONI
Pasar Monopsoni adalah pasar yang dikuasai satu pembeli, apabila perusahaan itu bukan sebagai penjual tetapi sebagai pembeli tunggal.

CIRI – CIRI PASAR MONOPSONI
1.   Hanya terdapat satu pembeli.
2.   Pembeli bukanlah konsumen melainkan pedagang/produsen.
3.   Barang yang dijual merupakan bahan mentah.
4.   Harga ditentukan oleh pembeli.

CONTOH PASAR MONOPSONI
       Pabrik Susu Nestle dan PT. Kereta Api Indonesia.

KELEBIHAN PASAR MONOPSONI
1.   Kualitas produk lebih terpelihara/terjamin.
2.   Penjual akan hemat dalam biaya produksi.

KEKURANGAN PASAR MONOPSONI
1.    Pembeli bisa seenaknya dalam menekan penjual.
2.    Produk yang tidak sesuai dengan keinginan pembeli tidak akan dibeli dan akan terbuang.

PENGERTIAN PASAR MONOPOLI
Pasar Monopoli adalah pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai perdagangan barang atau jasa sehingga pembeli tidak bias mendapatkan subtitusinya.

CIRI – CIRI PASAR MONOPOLI
1.   Hanya terdapat satu penjual dan banyak pembeli.
2.   Tidak ada perusahaan yang dapat membuat barang subtitusi yang sempurna.
3.   Rintangan yang cukup kuat untuk masuk ke pasar monopoli.
4.   Harga ditentukan oleh perusahaan.

CONTOH PASAR MONOPSONI
  Microsoft Windows, perusahaan listrik negara (PLN), perusahaan kereta api (PT.KAI).

KELEBIHAN PASAR MONOPOLI
1.   Keuntungan penjual cukup tinggi.
2.   Untuk produk yang mengusai hajat hidup  orang biasanya diatur pemerintah.

KEKURANGAN PASAR MONOPOLI
1.   Pembeli tidak ada pilihan lain untuk membeli barang.
2.   Keuntungan hanya terpusat pada satu perusahaan.
3.   Terjadi ekploitasi pembeli.


PENGERTIAN PASAR OLIGOPSONI
Pasar Oligopsoni adalah kondisi pasar di mana terdapat beberapa pembeli, masing-masing pembeli memiliki peranan cukup besar untuk mempengaruhi harga atau dapat dikatakan pasar yang dikuasai oleh beberapa pembeli.

CIRI – CIRI PASAR OLIGOPSONI
1.   Terdapat beberapa pembeli.
2.   Pembeli bukanlah konsumen melainkan pedagang/produsen.
3.   Barang yang dijual merupakan bahan mentah.
4.   Harga cenderung stabil dan ditentukan oleh pembeli.

CONTOH PASAR OLIGOPSONI
Telkom, Indosat, Mobile-8, Eexcelcomindo, pasar tembakau, cengkeh, pabik rokok dan Para pemeras susu disuatu desa yang hanya terdapat beberapa pembeli. Karena sedikitnya jumlah pembeli, sehingga harga dapat dikendalikan oleh si pembeli.  

KELEBIHAN PASAR OLIGOPSONI
1.   Penjual lebih diuntungkan karena bisa pindah ke pembeli lain.
2.   Pembeli tidak bisa seenaknya menekan penjual/produsen.

KEKURANGAN PASAR OLIGOPSONI
1.   Bisa berkembang menjadi pasar monopsoni bila antar pembelI saling bekerja sama.
2.   Kualitas barang kurang terpelihara.


PENGERTIAN PASAR OLIGOPOLI
Pasar Oligopoli adalah kondisi pasar di mana hanya terdapat beberapa penjual yang saling bersaing dengan jumlah pembeli yang banyak. Sedikitnya jumlah penjual dikarenakan besarnya biaya investasi awal sehingga mengecilkan niat pesaing baru yang ingin masuk.

CIRI – CIRI PASAR OLIGOPOLI
1.   Hanya ada beberapa perusaahan yang mendominasi pasar.
2.   Ada yang menawarkan barang serupa, namun ada pula produsen yang menawarkan model atau fitur yang berbeda.
3.   Terdapat rintangan yang kuat untuk masuk ke pasar oligopoli karena investasinya yang tinggi.
4.   Persaingan melalui iklan sangat kuat.

CONTOH PASAR OLIGOPOLI
Industri Semen di Indonesia, industri mobil di Amerika Serikat.

KELEBIHAN PASAR OLIGOPOLI

1.    Terdapat sedikit penjual karena dibutrtuhkan investasi besar untuk masuk pasar.
2.    Jumlah penjual yang sedikit membuat penjual dapat mengendalikan harga dalam tingkat tertentu.
3.    Bila terjadi perang harga, konsumen akan diuntungkan.


KEKURANGAN PASAR OLIGOPOLI

1.    Akan terjadi perang harga.
2.    Terdapat rintangan yang kuat untuk masuk ke pasar oligopoly karena investasi yang tinggi.
3.    Prodesn/penjual bisa melakukan kerja sama yang pada akhirnya berakibat akan merugikan konsumen.





Demikianlah penjelasan mengenai pasar monopsoni, pasar monopoli, pasar oligopsoni dan pasar oligopoli. Semoga penjelasan di atas dapat membantu para pembaca.






Referensi :
1.    Adji,Wahyu., Suwerli dan Suratno. 2007. Ekonomi Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
2.    http://tugassekolahkit.blogspot.com/2013/10/penjelasan-tentang-pasar-monolopi.html (di akses Jum’at, 05 0ktober 2018 pukul 19.00 WIB ).







Tidak ada komentar:

Posting Komentar